Penyebab CPC Adsense Menurun dan Cara Mengatasinya

Penyebab CPC Adsense menurun  dan cara mengatasinya - CPC (Click Per Cost) atau biasa disebut dengan BPK (Biaya Per Klik) merupakan suatu biaya yang di keluarkan oleh pengiklan ketika seseorang mengklik dan menampilkan halaman iklan tersebut.

Biaya iklan yang dikeluarkan pihak pengiklan akan masuk ke saldo publisher dari iklan tersebut. Beberapa alat yang biasa digunakan oleh publisher iklan seperti Werbsite, Channel YouTube dan juga Aplikasi, maka tak jarang bila anda menemui beberapa iklan di beberapa platforum tersebut. Namun tahukan anda, bahwa biaya yang di dapatkan oleh publisher dapat menurun? yah itu terjadi terhadap hal-hal yang di anggap Google sebagai spam.

Jika anda seorang Blogger ataupun Youtuber, maka mungkin anda pernah mengalami hal tersebut, dimana tiba-tiba CPC Adsense anda menurun dan anda tak mengetahui tentang penyebab sebenarnya. Mungkin anda sudah melakukan beberapa kata kunci penccarian tentang penyebab CPC menurun dan tak mendapatkan jawaban dari manapun hingga akhirnya anda kesasar serta membaca artikel ini.

Jadi terimakasih telah berkunjung ke website admin yang sederhana ini, karena pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang penyebab CPC pada akun Adsense anda menurun, berikut ini :

  •  Iklan Sensitif
Penyebab yang yang paling sering dialami oleh kaum Blogger yang berkecimpung di dunia Adsense berbekalkan website adalah seringnya menemukan iklan yang mempunyai nilai CPC rendah. Iklan sensitif seperti gaib, pesugihan, pelet, dukun, tuyul, ghibah, judi, blogspot dan wordpress di benarkan oleh blogger berpengalaman bahwa jenis iklan tersebut di yakini mempunyai CPC yang rendah. Jika anda tidak segera memblokir iklan CPC rendah pada akun Adsense anda, maka akan memperluas slot iklan untuk kategori sensitif tersebut. Akibatnya iklan Adsense yang mempunyai nilai CPC tinggi akan sulit menemukan slot pada website anda, itu akan mempengaruhi pendapatan dan CPC pada Adsense anda.

  • Harga Pintar (Smart Pricing)
Penyebab yang keduan yang juga di yakini oleh kalangan Blogger maupun Youtuber adalah Smart pricing atau harga pintar. Dimana smart pricing akan berlaku bagi publisher bila seseorang mengklik dan melihat iklan tersebut namun tidak ada kontribusi terhadap iklan yang di telusuri. Pihak pengiklan akan mengurangi baiaya yang di keluarkan untuk iklan yang di tampilkan tersebut, bahkan juga bisa menarik biaya yang dikeluarkan yang artinya pihak pengiklan tidak perlu membayar biaya atas iklan yang di tampilkan tapi kurang mendapatkan kontribusi. Tentu ini akan membuat beberapa pegiat Adsense kecewa karena pendapatan mereka akan berkurang, serta akan berpengaruh pada CPC Adsense mereka.

  • Blokir Iklan Terlalu Banyak
Penyebab yang ketiga menurut admin adalah terjadinya pemblokiran iklan dengan skala besar atau banyak. Perilaku tersebut akan mempengaruhi slot iklan pada web atau channel anda, dimana Adsense akan kesulitan menginput iklan yang cocok dengan halaman atau konten anda karena kurangnya slotiklan pada akun Adsense anda.

Jika anda sudah atau pernah mengalami kejadian tersebut dan tak menemukan solusi di tempat lain, maka di bawah ini admin akan menuliskan cara mengatasi CPC iklan menurun pada pembahasan berikut ini :

  • Artikel CPC Tinggi
Cara yang pertama yang biasa di lakukan oleh para Blogger yang berpengalaman adalah dengan menulis artikel yang mempunyai nilai CPC tinggi atau artikel dengan kategori HPK (High Paying Keywords) yakni sebuahg artikel dengan kata kunci yang mempunyai nilai harga yang tinggi. Dengan menulis artikel HPK memungkinkan anda akan meningkatkan pendapatan pada akun Adsense anda.

  • Pengunjung Alami (OrganicTraffick)
Tingkatkan pengunjung alami yakni pengunjung yang datang ke website atau konten anda berdasarkan kata kunci yang di gunakan akan mempengaruhi kualitas web yang dapat meningkatkan ranking pada pencarian Google juga serta dapat memperbaik citra akun adsense anda.

  • Blokir Iklan Seperlunya
Pastikan bahwa iklan yang di blokir hanya iklan yang di anggap sensitif dan mempunyai nilai CPC iklan yang rendah. 

Mungkin cukup sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat. Apabila ada hal yang ingin di tanyakan harap menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini, sekian dan terimakasih.

LihatTutupKomentar