Cara Membuat Rating Bintang Artikel atau Cuplikan Ulasan Pencarian Google

Cara Membuat Rating Bintang Artikel atau Cuplikan Ulasan Pencarian Google - Pernahkah anda melihat star rating atau ulasan berbintang di bawah artikel pada pencarian Google, ataukah anda pernah menelusuri sebuah artikel dengan menggunakan dengan menggunakan kata kunci dan mendapatkan sebuah hasil pencaharian yang mempunyai bintang di bawahnya. Itulah cuplikan ulasan yang dapat membuat pengunjung tertarik untuk membuka artikel kita.

rating-bintang-pencarian-google

Ada banyak fungsi yang didiapatkan seorang blogger dalam menerapkan ulasan berbintang pada website mereka, apalagi jika website tersebut merupakan sebuah website yang menyajikan download aplikasi, game atau sejenisnya. Selain itu fungsi star rating atau ulasan berbintang juga sangat berkaitan dengan teknik SEO ( Search Engine Optimization ) yang tentunya blog atau web anda akan dipertimbangkan oleh mesin pencari Google.

Bagi anda yang tertarik untuk menerapkan cuplikan ulasan berbintang pada blog anda, maka anda datang pada halaman yang tepat karena kali ini admin akan memberikan tutorial cara menambahkan ulasan berbintang pada artikel kita dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk atau login pada dashboard Blogger
  • Pilih menu Tema atau Template
  • Cari dan tekan tombol Edit HTML
  • Lakukan pencarian kode dengan menekan tombol CTRL + F pada Keyboard
  • Cari kode <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
  • Usahakan untuk menemukan kode tersebut
  • Setelah menemukan kode diatas, copy kode di bawah ini :


<script type="application/ld+json">
{ "@context": "https://schema.org/",
"@type": "CreativeWorkSeries",
"name": "<data:blog.pageName/>", "aggregateRating":
{ "@type": "AggregateRating",
"ratingValue": "4.8",
"bestRating": "5",
"ratingCount": "302" } }
</script>
  • Paste atau tempelkan tepat di bawah kode <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
  • Kemudian tekan tombol Save atau Simpan
  • Selesai

Sampai di sini sudah jadi, namun untuk menampilkan cuplikan ulasan anda harus menunggu tiga sampai empat hari untuk menampilkan star rating tersebut. Kemudian untuk menganalisis apakan penempatan kode tersebut berhasil, maka anda dapat menggunakan uji struktur data web dengan mengklik tombol dibawah ini dan masukkan URL Blog anda.


Untuk memastikan pula bahwa artikel yang anda terbitkan dapat di beri ulasan berbintang, maka anda dapat menguji dengan mencrawl atau mengindeks artikel anda pada Google Search Console. Jika terdapat cuplikan ulsan berlaku yang ditandai dengan ceklis berwana hijau ketika menguji alamat artikel anda, maka dapat dikatakan artikel anda sukses dan dapat di tambahkan dengan cuplikan ulasan berbintang.

Sekian dari pembahasan admin kali ini semoga bermanfaat bagi anda dan apabila ada hal yang ingin ditanyakan harap untuk menuliskannya pada kolo komentar di bawah dan untuk lebih jelasnya admin akan menambahkan video di bawah artikel di lain waktu, terimakasih.

LihatTutupKomentar